Senin, 09 Maret 2015

HARDDISK

Bagian – bagian hardisk :

a.      Spindle.
Merupakan pusat putaran dari keping – keping cakram megnetic penyimpan data. Spindle ini berputar dengan cepat maka dari itu spindle menggunakan high quality bearing. Bearing yang digunakan yaitu fluid bearing supaya gaya friksi dan tingkat kebisingan dapat diminimalisir.
Semakin cepat putaran rpm hardisk maka semakin cepat pula transfer data.
b.     Cakram Magnetic.
Untuk menyimpan data dalam hardisk. Berbentuk plat tipis seperti CD – R. Kecepatan putaran hardisk 10.000 rpm dengan transfer data mencapai 3.0Gbps
c.      Read – Write Head.
Untuk mengambil data dari Cakram Magentic. Head ini melayang dengan jarak yang tipis dengan Cakram Magentic. Dulu head bersentuhan dengan Cakram Magnetic yang mengakibatkan kehausan pada permukaan head karena gesekan. Head sekarang menggunakan CMR Head (Collosal Magnetoresistive).
d.     Enclosure.
Berfungsi melindungi semua bagian dalam hardisk agar tidak terkena debu, kelembapan, dan hal lain yang dapat mengakibatkan kerusakan dalam data. Dalam enclosure terdapat breath filter yang membuat hardisk tetap dalam keadaan kedap udara, hal ini bertujuan untuk membuang panas yang ada didalam hardisk karena proses perputaran spindle dan pembacaan Read – Write Head.
e.      Interfacing Module
        Disk ATA / EIDE
Adalah standar versi terbaru suatu interface disk yang sesuai untuk koneksi ke bus. Disk ini dapat dihubungkan langsung ke bus PCI yang digunakan untuk banyak PC. Disk ini harganya murah dipasaran PC tapi kekurangannya adalah perlu kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drive digunakan secara bersamaan untuk meningkatkan performa.
        Disk SCSI
Disk tipe ini cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI. Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena interface drive secara aktif digunakan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data. Berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.
        Disk RAID
Agar performa luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk ini digunakan baik dalam komputer  performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan kehandalan yang lebih tinggi dari tingkat normal.
        Disk SATA
Mempunyai kecepatan pengiriman data yang sangat tinggi serta mengurangi latensi sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel
        SATA
Supaya dapat mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabel dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung kedalam motherboard tanpa ada sistem master ataupun slave sehingga kabel  SATA hanya dapat digunakan pada satu hardisk. Dari uraian diatas yang sudah dijelaskan masuk dalam kategori Internal Hardisk yaitu yang diinstall dalam CPU. Eksternal mempunyai kecepatan sekitar 7200rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya menghubungkan port USB dan PC, dapat mentransfer data 480Mbps


Tidak ada komentar:

Posting Komentar