Senin, 09 Maret 2015

PERBEDAAN RAM DAN CACHE MEMORY

-          RAM adalah jenis memori yang isinya dapat diganti – ganti selama komputer dihidupkan dan sebagai suatu penyimpanan data yang dapat dibaca atau ditulis dan dapat dilakukan secara berulang – ulang dengan data yang berbeda – beda. Jenis memori ini merupakan jenis volatile yaitu data dapat hilang jika catu daya nya mati.
Karenanya program utama tidak pernah disimpan pada RAM. RAM dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
a.      RAM statis yaitu RAM yang biasanya digunakan untuk aplikasi yang tidak memerlukan kapasitas memori RAM yang besar. RAM statis yaitu RAM yang tidak memerlukan refresh biasanya RAM jenis ini sudah bawaan dari pabrik
b.     RAM dinamis yaitu RAM yang menyimpan 1 bitu informasi data sebagai muatan. RAM jenis ini membutuhkan refresh setiap waktu dan biasanya membutuhkan pengontrolan supaya dapat bekerja dengan baik. RAM dinamis ini digunakan untuk aplikasi yang memerlukan RAM dengan kapasitas besar misalnya dalam PC pribadi
-          Cache adalah sebuah tempat penyimpanan sementara. Cara ini digunakan meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache teresbut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses sementara data yang akan diakses itu adalah data yang sama maka akses akan dilakukan lebih cepat. Cache memori ini terletak diantara register dan dan memori utama pada CPU sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama. Penggunaan cache ditujukan untuk mengurangi bottleneck dalam aliran data antara processor dan RAM. Jenis – jenis cache:
a.      L1 cache yaitu cache yang biasanya dibangun kedalam CPU itu sendiri.
b.     L2 cache yaitu cache yang berada dalam sebuah chip yang terpisah disebelah CPU
c.      L3 cache yaitu CPU yang memiliki keduanya yaitu L1 cache dan L2 built-in dan menugaskan chip terpisah.
Cache yang dibangun dalam CPU lebih cepat daripada cache yang terpisah namun, cache yang terpisah sekitar 2x lebih cepat RAM. Cache harganya lebih mahal daripada RAM tetapi motherboard dengan built-in cache sangat baik untuk memaksimalkan kinerja komputer. Cache berfungsi sebagai penyimpanan sementara untuk data atau instruksi yang diperlukan oleh processor.



1 komentar: